tulisan bergerak

Welcome To Base Camp INTRIC

Sunday 3 May 2015

TELKOM CSR (Tanggung Jawab Sosial)

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan",

Melalui Kegiatan CSR Telkom Tumbuh Bersama Masyarakat
Pada ajang Indonesia CSR Award (ICA) 2011 yang diselenggarakan bersamaan acara penutupan Konferensi Nasional III Corporate Forum for Community Development (CFCD) dan ISO SR 26000 di Jakarta, 15 Desember 2011 lalu, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) memborong berbagai penghargaan, baik untuk kategori Program maupun Perorangan termasuk penghargaan CEO Terbaik untuk Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah.

Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia mengaku gembira atas diraihnya penghargaan tersebut. Ini menunjukkan berbagai sumbangsih sosial yang diberikan Telkom selama ini telah mendapat respon positif dari pemerintah dan masyarakat. “Sebagai institusi bisnis modern, apalagi sebagai operator flag carrier, sudah sewajarnya Telkom memberikan kepedulian sosial yang tinggi kepada lingkungan yang telah membesarkannya. Pada dasarnya kami pun ingin tumbuh di tengah masyarakat yang juga tumbuh,” ujar Eddy.

Eddy lebih jauh mengatakan bahwa kegiatan corporate social responsibility (CSR) Telkom cukup beragam dengan jangkauan seluruh Indonesia. Salah satu program utama adalah Telkom mengelola program Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang tersebar di seluruh Nusantara serta program CSRTELKOM lainnya yang terkait dengan pendidikan dan pembelajaran serta pengembangan industri kreatif melalui berbagai program inkubasi bisnis.

Ditambahkan Eddy Kurnia, dana bergulir Program Kemitraan yang telah disalurkan sampai dengan Triwulan III 2011 sebesar Rp. 1.423.355.000,-, dengan jumlah Mitra Binaan 78.221 Mitra Binan.
Pada ICA Award 2011, Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dinobatkan sebagai CEO Terbaik. Selain itu Telkom sebagai perusahaan juga mendapat Piala Grand Gold Indonesia CSR Award 2011 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayan Aparatur Negara, Azwar Abu Bakar.

Sementara itu pada kategori Program, Telkom meraih Penghargaan Platinum untuk berbagai bidang, yakni Bidang Konsumen berkat program Internet Sehat dan Aman (Insan). Melalui program ini Telkom sebagai penyedia jasa internet tidak berhenti sebatas menjual produk tetapi juga peduli terhadap keamanan dan penggunaan akses internet dan mendorong penggunaan internet untuk kegiatan yang lebih produktif; Bidang Sosial untuk program Implementasi I-Chat (I Can Hear and Talk) sebuah aplikasi dan portal yang akan membantu masyarakat, khususnya para guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunarungu dan orang tua, dalam proses pembelajaran bahasa bagi anak berkebutuhan khusus dalam hal pendengaran di Indonesia; Bidang Ekonomi untuk program Kampung Telkom Sejahtera: “Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Ketahanan Pangan melalui Budidaya Ikan Patin” di Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar, Riau; Bidang Ekonomi untuk program Kampung Telkom Sejahtera: “Pemberdayaan Usaha Sari Apel Brosem, Malang, Jawa Timur”.

Penghargaan Platinum juga diraih Telkom dalam bidang Hak Asasi Manusia untuk program Harmonisasi Manajemen dan Serikat Karyawan. Telkom telah mengakomodasi hak-hak pegawai melalui kebijakan perusahaan yang dirumuskan bersama serikat karyawan; Perumusan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara manajemen dan serikat karyawan dilakukan melalui proses diskusi dan perdebatan yang panjang namun pada dasarnya kedua pihak mengutamakan sustainability perusahaan. Pada Bidang Lingkungan untuk Progam Telkom Go Green Telkom, yaitu Paperless Office Internal Telkom (POINT) meraih Penghargaan Gold. Melalui penggunaan POINT, penggunaan kertas berkurang secara signifikan karena pemrosesan surat masuk, pembuatan surat keluar, penomoran dan pengagendaan surat masuk dan surat keluar, pengarsipan surat, disposisi, delegasi dan lain-lain dilakukan secara paperless dan online.

Pada kategori perorangan Telkom berhasil meraih Terbaik I kategori Direksi untuk Faisal Syam, Direktur Human Capital and General Affair; Terbaik I kategori Corporate Communication Officer kepada Eddy Kurnia – Head of Corporate Commnication Affair; berikutnya Terbaik I kategori VP/Senior VP/GM kepada Gatot Rustamdji – SGM CDC. Selain itu Adun – Officer 1 PKBL CD Sub Area Riau meraih Terbaik II kategori pendamping Mitra Usaha Ikan Patin di Kabupaten Kampar, Riau dan Suhaemi, peternak ikan patin mendapatkan Terbaik I untuk bidang Pelaku Ekonomi Mitra Binaan Perusahaan.

TELKOM CSR Award: Apresiasi untuk Mitra CSR TELKOM
Indonesia CSR Award 2011 merupakan penghargaan terbaik bagi perusahaan yang telah menjalankan kegiatan CSR dengan fokus kepada komitmen dan upaya perusahaan yang beroperasi secara legal, minimal risiko perusahaan berkontribusi terhadap pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup pemangku kepentingan. ICA 2011 dikelompokkan dengan pendekatan pokok social responsibility (SR) berdasarkan ISO 26000 yang telah diadaptasi.

ICA 2011 diselenggarakan oleh CFCD dan Kementerian Sosial RI yang didukung oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Perdagangan, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara.
Sebagai salah satu bentuk apresiasi PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) terhadap para mitra kerja yang telah turut menyukseskan program Corporate Social Responsibility (CSR), adalah dengan memberikan penghargaan dalam bentuk TELKOM CSR Award. Tahun 2011 ini TELKOM CSR Award dilaksanakan di Bandung (12/1).

Menurut Head of Corporate Communication TELKOM, Eddy Kurnia, TELKOM CSR Award 2011 diberikan oleh TELKOM kepada pihak-pihak – baik internal maupun eksternal – yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mendukung aktivitas Corporate Sosial Responsibilty (CSR) yang diselenggarakan TELKOM.

Dijelaskannya, TELKOM, baik di pusat maupun daerah secara rutin dan terencana telah menyelenggarakan kegiatan CSR dan selama ini telah menunjukan hasil yang cukup menggembirakan. Penyelenggaraan TELKOM CSR Award tak lain dimaksudkan untuk memacu dan menginspirasi agar kegiatan CSR di masa datang bisa lebih baik lagi dan tepat sasaran.

Kendati fokus CSR TELKOM sering diarahkan pada kegiatan pendidikan dan pengembangan kreativitas berbasis ICT (Information and Communication Technology) melalui berbagai programnya, seperti program CSR-Indigo, TELKOM konsisten memberikan perhatian terhadap seluruh aspek lain yang menjadi pilar dalam kegiatan CSR-nya

Pendapat

Bagi sebagian orang teknologi informasi mungkin sudah menjadi bagian dari keseharian, tetapi bagi orang lain mungkin baru sebatas angan-angan. Di kota-kota besar orang mudah mengakses internet, sebaliknya di kota-kota kecil orang belum bisa mengakses internet dengan mudah, jelas ini merupakan  alasan mengapa Telkom sangat peduli terhadap peningkatan akses masyarakat terhadap teknologi infomasi. Dengan kepedulian TELKOM saya sangat mengapresiasi tinggi  terhadap kiprah dan perhatian Telkom dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Fenomena yang disebut sebagai digital divide atau kesenjangan digital tersebut, menurutnya harus dipersempit. Caranya dengan membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap teknologi informasi. Untuk itu, Telkom telah menggulirkan Lima Pilar CSR Telkom dalam pendidikan, yakni Internet Goes to School (IG2S); Community Access Point, E-Learning; Smart Campus dan Generasi Baru Guru

Pelatihan Guru merupakan bentuk nyata kepedulian sosial Telkom terhadap peningkatan mutu pendidikan bangsa melalui pengembangan keterampilan sosial para guru. “Sesuai kompetensi yang dimiliki sebagai perusahaan InfoCom, dukungan Telkom terhadap pendidikan diarahkan kepada kegiatan pendidikan yang berbasis ICT (Information and Communication Technology)
Telkom berkomitmen untuk melanjutkan kepedulian terhadap dunia pendidikan sesuai dengan tema CSR Telkom yakni “Membangun Indonesia Cerdas”. Pelatihan Guru akan ditingkatkan kualitas dan cakupannya. Mengingat kontinuitas program sangat penting agar tujuan besar yang hendak diraih bisa tercapai, yaitu mencetak Generasi Baru Guru Indonesia, yang memiliki motivasi tinggi, memiliki kompetensi tinggi, berwawasan global serta menguasai Teknologi Informasi (TI).

Sumber:

No comments:

Post a Comment