Tanggung jawab Sosial Perusahaan
atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa
organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai
bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di
antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan
dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial,
dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan
berkelanjutan",
Melalui Kegiatan CSR Telkom
Tumbuh Bersama Masyarakat
Pada ajang Indonesia CSR Award
(ICA) 2011 yang diselenggarakan bersamaan acara penutupan Konferensi Nasional
III Corporate Forum for Community Development (CFCD) dan ISO SR 26000 di
Jakarta, 15 Desember 2011 lalu, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom)
memborong berbagai penghargaan, baik untuk kategori Program maupun Perorangan
termasuk penghargaan CEO Terbaik untuk Direktur Utama Telkom, Rinaldi
Firmansyah.
Head of Corporate Communication
and Affair Telkom Eddy Kurnia mengaku gembira atas diraihnya penghargaan
tersebut. Ini menunjukkan berbagai sumbangsih sosial yang diberikan Telkom
selama ini telah mendapat respon positif dari pemerintah dan masyarakat. “Sebagai
institusi bisnis modern, apalagi sebagai operator flag carrier, sudah
sewajarnya Telkom memberikan kepedulian sosial yang tinggi kepada lingkungan
yang telah membesarkannya. Pada dasarnya kami pun ingin tumbuh di tengah
masyarakat yang juga tumbuh,” ujar Eddy.
Eddy lebih jauh mengatakan bahwa
kegiatan corporate social responsibility (CSR) Telkom cukup beragam dengan
jangkauan seluruh Indonesia. Salah satu program utama adalah Telkom mengelola
program Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang tersebar di seluruh
Nusantara serta program CSRTELKOM lainnya yang terkait dengan pendidikan dan
pembelajaran serta pengembangan industri kreatif melalui berbagai program
inkubasi bisnis.
Ditambahkan Eddy Kurnia, dana
bergulir Program Kemitraan yang telah disalurkan sampai dengan Triwulan III
2011 sebesar Rp. 1.423.355.000,-, dengan jumlah Mitra Binaan 78.221 Mitra
Binan.
Pada ICA Award 2011, Direktur
Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dinobatkan sebagai CEO Terbaik. Selain itu
Telkom sebagai perusahaan juga mendapat Piala Grand Gold Indonesia CSR Award
2011 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayan Aparatur Negara, Azwar
Abu Bakar.
Sementara itu pada kategori
Program, Telkom meraih Penghargaan Platinum untuk berbagai bidang, yakni Bidang
Konsumen berkat program Internet Sehat dan Aman (Insan). Melalui program ini
Telkom sebagai penyedia jasa internet tidak berhenti sebatas menjual produk
tetapi juga peduli terhadap keamanan dan penggunaan akses internet dan
mendorong penggunaan internet untuk kegiatan yang lebih produktif; Bidang
Sosial untuk program Implementasi I-Chat (I Can Hear and Talk) sebuah aplikasi
dan portal yang akan membantu masyarakat, khususnya para guru Sekolah Luar
Biasa (SLB) Tunarungu dan orang tua, dalam proses pembelajaran bahasa bagi anak
berkebutuhan khusus dalam hal pendengaran di Indonesia; Bidang Ekonomi untuk
program Kampung Telkom Sejahtera: “Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Ketahanan
Pangan melalui Budidaya Ikan Patin” di Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar,
Riau; Bidang Ekonomi untuk program Kampung Telkom Sejahtera: “Pemberdayaan
Usaha Sari Apel Brosem, Malang, Jawa Timur”.
Penghargaan Platinum juga diraih
Telkom dalam bidang Hak Asasi Manusia untuk program Harmonisasi Manajemen dan
Serikat Karyawan. Telkom telah mengakomodasi hak-hak pegawai melalui kebijakan
perusahaan yang dirumuskan bersama serikat karyawan; Perumusan Perjanjian Kerja
Bersama (PKB) antara manajemen dan serikat karyawan dilakukan melalui proses
diskusi dan perdebatan yang panjang namun pada dasarnya kedua pihak
mengutamakan sustainability perusahaan. Pada Bidang Lingkungan untuk Progam
Telkom Go Green Telkom, yaitu Paperless Office Internal Telkom (POINT) meraih
Penghargaan Gold. Melalui penggunaan POINT, penggunaan kertas berkurang secara
signifikan karena pemrosesan surat masuk, pembuatan surat keluar, penomoran dan
pengagendaan surat masuk dan surat keluar, pengarsipan surat, disposisi,
delegasi dan lain-lain dilakukan secara paperless dan online.
Pada kategori perorangan Telkom
berhasil meraih Terbaik I kategori Direksi untuk Faisal Syam, Direktur Human
Capital and General Affair; Terbaik I kategori Corporate Communication Officer
kepada Eddy Kurnia – Head of Corporate Commnication Affair; berikutnya Terbaik
I kategori VP/Senior VP/GM kepada Gatot Rustamdji – SGM CDC. Selain itu Adun –
Officer 1 PKBL CD Sub Area Riau meraih Terbaik II kategori pendamping Mitra
Usaha Ikan Patin di Kabupaten Kampar, Riau dan Suhaemi, peternak ikan patin
mendapatkan Terbaik I untuk bidang Pelaku Ekonomi Mitra Binaan Perusahaan.
TELKOM CSR Award: Apresiasi untuk
Mitra CSR TELKOM
Indonesia CSR Award 2011
merupakan penghargaan terbaik bagi perusahaan yang telah menjalankan kegiatan
CSR dengan fokus kepada komitmen dan upaya perusahaan yang beroperasi secara
legal, minimal risiko perusahaan berkontribusi terhadap pembangunan sosial,
ekonomi dan lingkungan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup pemangku
kepentingan. ICA 2011 dikelompokkan dengan pendekatan pokok social
responsibility (SR) berdasarkan ISO 26000 yang telah diadaptasi.
ICA 2011 diselenggarakan oleh
CFCD dan Kementerian Sosial RI yang didukung oleh Kementerian Koordinator
Perekonomian, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Kementerian
Koperasi dan UKM, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian
Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Perumahan
Rakyat, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Perdagangan,
Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian,
Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara.
Sebagai salah satu bentuk
apresiasi PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) terhadap para mitra kerja
yang telah turut menyukseskan program Corporate Social Responsibility (CSR),
adalah dengan memberikan penghargaan dalam bentuk TELKOM CSR Award. Tahun 2011
ini TELKOM CSR Award dilaksanakan di Bandung (12/1).
Menurut Head of Corporate
Communication TELKOM, Eddy Kurnia, TELKOM CSR Award 2011 diberikan oleh TELKOM
kepada pihak-pihak – baik internal maupun eksternal – yang telah memberikan
kontribusi luar biasa dalam mendukung aktivitas Corporate Sosial Responsibilty
(CSR) yang diselenggarakan TELKOM.
Dijelaskannya, TELKOM, baik di
pusat maupun daerah secara rutin dan terencana telah menyelenggarakan kegiatan
CSR dan selama ini telah menunjukan hasil yang cukup menggembirakan.
Penyelenggaraan TELKOM CSR Award tak lain dimaksudkan untuk memacu dan menginspirasi
agar kegiatan CSR di masa datang bisa lebih baik lagi dan tepat sasaran.
Kendati fokus CSR TELKOM sering
diarahkan pada kegiatan pendidikan dan pengembangan kreativitas berbasis ICT
(Information and Communication Technology) melalui berbagai programnya, seperti
program CSR-Indigo, TELKOM konsisten memberikan perhatian terhadap seluruh
aspek lain yang menjadi pilar dalam kegiatan CSR-nya
Pendapat
Bagi sebagian orang teknologi
informasi mungkin sudah menjadi bagian dari keseharian, tetapi bagi orang lain
mungkin baru sebatas angan-angan. Di kota-kota besar orang mudah mengakses
internet, sebaliknya di kota-kota kecil orang belum bisa mengakses internet
dengan mudah, jelas ini merupakan alasan
mengapa Telkom sangat peduli terhadap peningkatan akses masyarakat terhadap
teknologi infomasi. Dengan kepedulian TELKOM saya sangat mengapresiasi tinggi terhadap kiprah dan perhatian Telkom dalam
memajukan pendidikan di Indonesia.
Fenomena yang disebut sebagai
digital divide atau kesenjangan digital tersebut, menurutnya harus dipersempit.
Caranya dengan membantu meningkatkan akses masyarakat terhadap teknologi
informasi. Untuk itu, Telkom telah menggulirkan Lima Pilar CSR Telkom dalam
pendidikan, yakni Internet Goes to School (IG2S); Community Access Point,
E-Learning; Smart Campus dan Generasi Baru Guru
Pelatihan Guru merupakan bentuk
nyata kepedulian sosial Telkom terhadap peningkatan mutu pendidikan bangsa
melalui pengembangan keterampilan sosial para guru. “Sesuai kompetensi yang
dimiliki sebagai perusahaan InfoCom, dukungan Telkom terhadap pendidikan
diarahkan kepada kegiatan pendidikan yang berbasis ICT (Information and
Communication Technology)
Telkom berkomitmen untuk
melanjutkan kepedulian terhadap dunia pendidikan sesuai dengan tema CSR Telkom
yakni “Membangun Indonesia Cerdas”. Pelatihan Guru akan ditingkatkan kualitas
dan cakupannya. Mengingat kontinuitas program sangat penting agar tujuan besar
yang hendak diraih bisa tercapai, yaitu mencetak Generasi Baru Guru Indonesia,
yang memiliki motivasi tinggi, memiliki kompetensi tinggi, berwawasan global
serta menguasai Teknologi Informasi (TI).
Sumber:
http://www.telkom.co.id/wapres-jusuf-kalla-apresiasi-program-csr-telkom-dalam-bidang-pendidikan.html
No comments:
Post a Comment